www.mgjayalestari.com |
(Souvenir) Sampai Tepat Waktu di
Tangan Publik
Program promosi menggunakan merchandise / souvenir memang susah
susah gampang. Dari proses perencanaan, produksi hingga distribusi, merupakan perjalanan panjang. Banyak hal yang membuat
souvenir promosi Anda terlambat diterima oleh publik. Tentu hal ini dapat mengganggu kelancaran program yang lainnya.
Kita punya tips 5 cara agar merchandise / souvenir Anda sampai di tangan public tepat waktu. Semoga
rute ini bermanfaat untuk Anda.
1. Order lebih awal
Perencanaan benar-benar menjadi kunci untuk memastikan produk promosi tiba tepat waktu. Bisa
dikatakan semua orang tau bahwa perayaan Idul Fitri akan jatuh pada bulan Agustus, tapi dalam kenyataannya, banyak perusahaan yang baru memikirkan akan member souvenir / merchandise saat mendekati hari H. Manfaatkan reminder di computer untuk mulai merencanakan pembuatan merchandise / souvenir promosi perusahaan. Dengan memesan produk 1-2 bulan lebih awal, Anda dapat menekan biaya produksi. Sekaligus memberikan waktu bagi supplier untuk mengerjakannya dengan teliti dan rapih.
2. Segera pilih warna dan model
Tentukan dengan mantap pilihan warna dan model secepat mungkin. Tak perlumencoba-coba warna dan berganti- ganti model merchandise / souvenir promosi Anda. Minta pada supplier pilihan model dan contoh warna yang sudah dipertimbangkan cocok dengan bidang bisnis Anda. Pastikan saat meminta dummy approval produk sudah merupakan pilihan warna dan model yang tepat. Sehingga kalaupun ada yang perlu diperbaiki bukan merupakan hal mendasar. Kepastian warna dan model ini juga cukup berpengaruh pada harga. Jika Anda menyatakan kepastian akan memesan dengan model dan warna tersebut, penawaran harga pun bisa ditekan. Karena hal ini memperngaruhi biaya pembuatan film, transportasi dll.
3. Kontak dan alamat pengiriman yang jelas.
Berikan pada supplier / pemasok penanggung jawab penerima barang beserta no telp dan alamat yang benar. Sangat tidak lucu jika supplier mengirim ke kantor pusat, padahal Anda memesan berdasarkan wilayah tertentu yang berbeda kantor. Disamping itu, persiapkan seluruh data untuk pendistribusian souvenir /merchandise tersebut. Jika di bagi perkelompok / wilayah, buat data base yang berisi a.l. : penanggung jawab / penerima ; no telp ; alamat ; jumlah ; form tanda tangan sebagai bukti tanda terima barang. Jika jumlah sudah pasti, beberapa supplier bisa membuat packing sesuai permintaan Anda, sehingga tak perlu membuang waktu untuk membongkar dan membungkus ulang kemasan di kantor Anda.
4. Hubungan baik dengan supplier
Pastikan Anda menjalin hubungan baik dengan supplier. Banyak perusahaan yang bermasalah dalam penyelesaian keuangan. Pastikan divisi keuangan telah memisahkan budget untuk merchandise yang telah Anda pesan. Jika pembayaran tepat waktu, Anda dapat menuntut supplier untuk datang tepat waktu. Namun jika dari awal ada terjadi kemunduran pembayaran, tuntutan perusahaan pun menjadi tumpul.
5. Waktu luang untuk masalah tak terduga.
Sisakan beberapa hari di setiap tahap yang mungkin muncul masalah. Dengan memberikan waktu lebih seperti ini, tak akan timbul masalah keterlambatan. Meskipun cuaca buruk atau ada keanehan apapun di hari perjanjian, Anda masih memiliki 2 hari lagi yang dapat melegakan pikiran. Hal ini juga dapat mengantisipasi
terjadinya adu ketegangan antara Anda dan supplier. Kecuali jika supplier pilihan Anda memang bermasalah dan tidak professional, sebaiknya segera ganti dan jangan mencoba-coba mengambil resiko dengan pesanan
merchandise / souvenir, karna akibatnya dapat merusak program keseluruhan.
Kami harap, 5 langkah mudah yang menarik ini dapat menantang Anda untuk dapat melaksanakan program
promosi perusahaan tepat waktu. Tentu juga dapat menyampaikan merchandise / souvenir promosi Anda diterima tepat waktu oleh publik.
Selamat mencoba…!!
Support by www.mgjayalestari.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar